Bantu Anak Tahan Banting Hadapi Stres

Kesulitan Ringan Bisa Bantu Anak Tahan Banting Hadapi Stres Kala Dewasa

0 Comments

Kesulitan Ringan Bisa Bantu Anak Tahan Banting Hadapi Stres Kala Dewasa – Anda ingin bantu anak tahan banting hadapi setres kala mereka dewasa? Menghadapi stres selama masa kanak-kanak mungkin sebenarnya baik untuk Anda, sebuah studi baru menunjukkan.

Baca Juga: Kualitas Kebahagiaan Pasangan Suami Istri Kala Memiliki Anak

Dalam penelitian yang dilakukan pada cacing gelang, para ilmuwan menemukan cacing yang memiliki lebih banyak tanda-tanda biologis perjuangan – diukur melalui stres oksidatif – selama pengembangan memiliki rentang hidup yangStres oksidatif menggambarkan efek berbahaya dari radikal bebas (molekul tidak stabil) terhadap tubuh.

Ini terjadi secara alami sepanjang masa hidup kita seiring bertambahnya usia, tetapi stres oksidatif ‘ringan’ juga dapat terjadi dari aktivitas sehari-hari yang menyebabkan ketegangan pada tubuh, seperti diet dan olahraga.

Baca Juga: Tidur Telanjang Bantu Anda Terlelap Lebih Nyenyak dan Awet Muda

Mengalami stres sejak dini dapat membuat anak-anak lebih ‘tahan’ untuk, atau lebih mampu menghadapi, tantangan di kemudian hari.

Tim Universitas Michigan (U-Mich) di belakang studi terbaru ini mengatakan menciptakan pengobatan yang dapat menyebabkan stres oksidatif pada usia muda bisa menjadi rahasia untuk menangkal penyakit yang berkaitan dengan usiaJika masa hidup ditentukan semata-mata oleh gen dan lingkungan, kita akan berharap bahwa cacing identik secara genetik yang tumbuh di cawan petri yang sama semuanya akan mati pada waktu yang bersamaan, tetapi ini sama sekali tidak terjadi apa-apa, kata Dr.Ursula Jakob, seorang profesor dari biologi molekuler, seluler dan perkembangan di U-Mich.

Baca Juga: Hidup Merantau Asah Kemampuan Intropeksi Diri

Beberapa cacing hidup hanya tiga hari sementara yang lain masih senang bergerak sekitar setelah 20 hari.Pertanyaannya kemudian adalah: apakah itu, terlepas dari genetika dan lingkungan, yang menyebabkan perbedaan besar dalam umur?

Untuk penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Nature, tim memeriksa jenis cacing gelang yang dikenal sebagai C. elegans.Para peneliti mengekspos cacing pada spesies oksigen reaktif (ROS), suatu bentuk radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif.

ROS dikenal karena menciptakan kerusakan oksidatif seiring bertambahnya usia dan sering kali diklaim sebagai krim anti-penuaan.Tim menemukan bahwa cacing yang menghasilkan lebih banyak bahan kimia ROS selama pengembangan hidup lebih lama daripada cacing yang menghasilkan lebih sedikit di awal kehidupan.

Baca Juga: Usahakan Tidur 8 Jam, Ini Bahaya Jika Anda Kurang Tidur

Ketika seluruh populasi cacing terkena ROS selama perkembangan, umur rata-rata seluruh kelompok meningkat.Untuk penelitian masa depan, tim berencana untuk memeriksa apa yang memicu stres oksidatif selama pengembangan.

Membuat penemuan ini memungkinkan para ilmuwan untuk memerangi penyakit otak yang berkaitan dengan usia sebelum mereka memiliki kemampuan untuk bertahan.

Gagasan umum bahwa peristiwa kehidupan awal memiliki efek positif yang begitu besar di kemudian hari sangat menarik.Mengingat hubungan yang kuat antara stres, penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia, ada kemungkinan bahwa kejadian awal dalam kehidupan juga dapat mempengaruhi kecenderungan penyakit terkait usia, seperti demensia dan faktor yang paling penting dalam mengetahui kapan dan berapa banyak dorongan adalah memikirkan kepribadian anak Anda.

Baca Juga: Pertimbangan Bibit Bebet Bobot yang Diperhatikan Wanita Dunia

Kata Dr Domingues, langkah pertama adalah mengenal anak Anda.Mungkin Anda pikir mereka terlalu banyak bermain video game dan ingin mereka lebih terlibat secara sosial atau secara fisik aktif.

Dia menambahkan, gila jika mereka tidak ke olahraga, kemudian mendorong mereka ke dalam olahraga tim mungkin bukan hal terbaik, mungkin lebih menarik sambil masih memukul beberapa tanda yang Anda cariJika Anda menghadapi perlawanan, mungkin ini saatnya untuk memeriksa motivasi Anda sendiri untuk mendorong anak Anda ke arah tertentu, kata Dr. Koplewicz.

Baca Juga: Perawatan di Rumah Bantu Pasien Cepat Sehat

Itulah penjelasan singkat akan Kesulitan Ringan Bisa Bantu Anak Tahan Banting Hadapi Stres Kala Dewasa yang perlu Anda ketahui.